Minggu, 09 Maret 2014

Pengenalan dan Pengguanaan Team Viewer 7

Asslamuallaikum Wr.wb. kali saya ingin berbagi tentang Pengenalan dan car penggunaan TeamViewer.
TeamViewer adalah sebuah aplikasi untuk melakukan kontrol penuh kepada komputer/laptop lainnya. TeamViewer adalah paket solusi yang mendukung akses jarak jauh menggunakan internet. Berikut sedikit tutorial menggunakan TeamViewer.

1.      1. Pastikan TeamViewer telah terinstal pada pc/laptop anda. serta pastikan juga anda telah terkoneksi dalam jaringan internet. Jika kita membuka teamviewer yang pertama kali  akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Akan ada 2 buah tab diantaranya adalah Remote Control dan Meeting. Pada Tab remote control terbagi lagi menjadi 2 kolom yaitu Allow Remote Control dan Control Remote Computer.  Allow remote control adalah fungsi untuk memberikan akses kepada orang lain untuk meremote komputer atau laptop kita. Di bagian Allow remote control ini tedapat 2 buah field yang berisi ID dan juga password untuk mengendalikan komputer kita. Untuk ID pada setiap komputer atau laptop tidak akan pernah berubah, tetapi untuk password akan selalu berubah setiap kali kita merefresh. Fungsi dari remote control adalah dimana kita bisa mengendalikan komputer orang lain, sedangakan file transfer adalah dimana kita untuk mengirim file, atau mensharing file yang kita butuhkan. Pertama kita pilih menu remote control terlebih dahulu, setelah itu kita masukan ID patner untuk kita mulai control komputer atau laptopnya. setelah itu klik pada Connect to partner sperti pada gambar di bawah ini. 


2. Setelah mengklik connect to partner, maka akan tampil massage box untuk memasukan password      partner yang akan kita control device nya. Seperti pada gambar dibawah ini :  


3. Setelah memasukan password maka kita akan langsung terhubung dengan device partner dan kita mulai dapat mengcontrol device mereka, seperti pada gambar dibawah ini  dan pada bagian control panel yang ada pada sebelah kiri adalah share video yang telah kita hubungkan :


4. Selanjutnya kita akan mencoba File Transfer, pada bagian tammpilan utama tadi, kita pilih File Transfer pada control remote komputer, kemudian klik tombol connect to partner seperti pada gambar dibawah ini :


5. Setelah memasukan password partner seperti sebelumnya, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


6. Selanjutnya kita memilih file yang akan kita sharing, atau kita butuhkan. Dengan memilih folder yang terdapat pada remote control device. Seperti pada gambar dibawah ini :


7. Setelah kita memilih file mana yang akan kita ambil, kita memilih direktori kita sendiri untuk menyimpan file yang akan kita ambil tersebut. Seperti pada gambar dibawah ini


8. Selanjutnya tunggu sampai proses loading penyimpanan file selesai, seperti pada gambar dibawah ini :


9. Selanjutnya  saya akan menerangkan sedikit tentang tools-tools yang ada pada panel remote control, dapat anda lihat pada kolom sebelah kanan gambar dibawah ini terdapat panel control antara kita dan partner kita, panel control ini terdapat beberapa fasilitas yaitu, video conference, conference call, chat, serta file box yang dapat langsung kita untuk mengirimkan sebuah file.


10. kita juga bisa menggunakan file box untuk transfer data berupa file kita bisa langsung mengirim atau mendownload file tersebut seperti pada gambar di bawah ini. :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar